Rabu, Desember 10, 2008

MINYAK WANGI VS PANDAI BESI

Rasulullah pernah mengilustrasikan mengenai dampak dari kawan dalam mempengaruhi hidup dan kehidupan kita. Rasulullah pernah menjelaskan mengenai dampak pergaulan dan lingkungan melalui ilustrasi penjual minyak wangi versus pandai besi.

Rasulullah ingin menjelaskan kepada Umatnya bahwa ketika kita bergaul dengan seorang minyak wangi minimal akan harum badan kita terkena keharuman minyak wangi milik kawan itu, namun bila kita bergaul dengan seorang pandai besi maka minimal kita akan merasakan panasnya api dan akan menjadi bau badan kita karena asap yang dihasilkan dari proses pembuatan besi itu.
Makna yang terkandung dalam hadis ini lebih ditekankan pada sisi pergaulan dan lingkungan, siapa yang salah memilih kawan maka akan hancurlah kehidupannya dan siapa yang tepat memilih kawan akan baiklah masa depannya.

Seorang ulama pernah mengatakan kalau ingin melihat kualitas diri seseorang maka lihatlah siapa yang menjadi kawannya.

Allah berfirman:”Katakanlah, ‘Hai hamba-hamba Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang’.”(QS.Az-Zumar:53)

Jadi, teman jangan pernah menyerah dalam hidup ya!, kita senantiasa mendapati lingkungan yang baik, bergabunglah kedalamnya insya Allah kita akan selamat dunia dan akhirat, Allah Maha penerima taubat hamba-Nya, jangan salah pilih kawan,…. Allahu’alam.




Tidak ada komentar: